Dart Controll Flow - Break and Continue @ Cong Fandi | 2021-07-12T00:46:00+08:00 | 2 minutes read | Update at 2021-07-12T00:46:06+08:00

Ok kita masuk pada pertemuan ke 19 yaitu tentang Break dan continue setelah sebelumnya kita membahas tentang while dan do while

Disclaimer

Pada tutorial ini IDE yang digunakan adalah DartPad

Break

Seperti biasa, setelah pembahasan topik yang agak berat, kita akan melanjutkan kedalam topik yang lebih ringan ringan . Sekarang kita akan masuk ke break dahulu.

Break digunakan untuk menghentikan sebuah aliran program(Perulangan), aliran ini bisa berupa for, while dan do while. contoh :

void main(){
  int data=0; 
  do{
    print(data);
    data++;
    break;
  }while(data<11);
 }

break yang ada pada program diatas akan menghentikan seketika perulangan yang ada meskipun perulangannya masih bernilai true.

perhatikan contoh ini seklai lagi

void main(){
  int data=0; 
  while(data<11){
    print(data);
    data++;
    if(data==5){
      break;
    }
  };
 }

Contoh kodingan diatas adalah untuk menghentikan perulang saat nilai pada variabel data bernilai 5. Perulangan akan dihentikan secara paksa meskipun nilai pengecekannya masih bernilai true.

Continue

Perintah ini sama fungsinya dengan break, bedanya kalau break menghentikan secara paksa semua perulangan tanpa terkecuali sedangkan pada continue hanya menghentikan 1 iterasi saja. contoh :

continue

Terlihat pada hasil perulangan diatas bahwa angka 5 tidak dapat di print atau ditampilkan hal ini karena continue yang di letakkan sebelum menampilkan angka dimana perulangan pada ke 5 akan dihentikan dan akan lanjut ke perulangan 6 dan seterusnya.

Oke sobat mugkin sekian pembahasan tentang break dan continue, selanjutnya kita akan membahas tetang switch dan case, sampai jumpa di episode selanjutnya.

Penulis uda ga punya stok kata2 bijak nih hahaha xD Penulis

© 2018 - 2021 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya