Saya pindah ke GETX @ Cong Fandi | 2021-08-24T00:46:00+08:00 | 4 minutes read | Update at 2021-08-24T00:46:00+08:00

Halo Sobat ngoding, kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman pribadi sealama saya menjadi flutter developer.

So, selama 2 tahun terakhir (2019 - 2021) saya menggunakan state management Provider dimana saat pertama kali saya menggunakan state management ini benar benar merasa terbantu dan bahkan saya pernah menuliskan tentang bagaimana flutter menyelamatkan karir saya, silahkan kunjungi tulisan saya yang ini pada tahun lalu Flutter Provider Penyelamat Karirku.

Beberapa saat yang lalu, tepatnya sekitar 20 July 2021 saya mencoba explore hal hal baru didunia perflutteran, mulai dari mencoba Bloc, Flutter Bloc dan beberapa state management yang lain. Akhirnya saya pernah ingat kalau saya pernah mencoba getx dimasa lalu dan jujur awalnya saya kurang enak dengan hal itu karena getx benar benar berbeda dari state management yang lain dimana dia benar benar membuat lifecycle sendir diluar dari bawaan flutter, bagaimana tidak, setiap variable yang aku gunakan tidak lagi menjadi murni native (String, Integer, List).

Untuk mengakses integer atau string di harus menggunakan embel2 .value jadi jika kita punya variable dalam bentuk object pada lifecyvle getx, maka object tersebut tidak bisa langsung digunakan gitu aja, perhatikan contoh baris code dibawah ini :

  var number = 0.obs;
  int value = number.value;

contoh diatas membuat saya kewalahan dalam implementasi ke real project (Awalnya).

Sekitar 20 July 2021, Saya mencoba kembali state management ini dengan mencoba melupakan masa lalu saya tentang GETX dan ya, again saya benar benar harus belajar lagi dari awal dimana saya harus baca sana sini dan tanya sana sini karena contoh kasus yang saya kerjakan tidak ada di dokumentasi resmi getx, akhirnya saya belajar dari tanggal 20 sampek tanggal 24 dan saya berhasil mengimplementasikan getx pada 1 halaman, yaa,, ga sebentar emang waktu belajarnya tapi saya benar benar merasakan hal yang berbeda banget dari getx ini tentunya sangat membantu saya dalam membangun aplikasi.

Berikut saya rangkum beberapa kelebihan yang saya rasakan dari getx ini.

1. Penulisan yang lebih simple

Simplenya penulisan sebuah coding tidak menggambarkan kemampuan coding tersebut. Yes saya sangat setuju dengan statement ini namun ada satu hal yang perlu diingat juga bahwa semakin simple sebuah coding itu ditulis, maka semakin cepat pula project kita delivery ke client dan semakin cepat pula kita dapat duit dari client

2. Tersedia routing yang lebih ringkas

Yes, hal yang sangat saya sukai dari getx adalah tidak hanya membahas tentang state management saja tapi juga membahas dari aspek lain yakni navigator management dimana kalian akan dipermudah dalam perpindahan antar halaman.

3. Routing tanpa harus membawa CONTEX

Mungkin hal ini hanya dirasakan oleh beberapa orang saja ya dan saya termasuk salah satu adri orang itu xD. So, saya pernah ada kasus dimana saya ingin membuka halaman baru dari controller, sedangkan controller saya tidak memiliki context namun sekarang saya tidak perlu memikirkan hal itu lagi cukup menggunakan Getx saya sudah dapat state management sekaligus navigator management.

4. Penggunaan multi bahasa yang lebih mudah

Jika kalian ada aplikasi yang support beberapa bahasa, maka saya sarankan gunakan getx karena dengan getx, kalian benar benar akan dipermudah perhatikan contoh kode dibawah ini :

Text("Halo".tr)

Lah, cukup 1 baris ? yes bner cukup satu baris saja.

5. Dokumentasi mudah difahami

Kalian bisa langsung saja ke halaman dokumentasi getx ya dan coba perhatikan bagaimana dokumentasinya dikemas oleh developernya. hal itu sangat membantu sekali saat kalian belajar.

6. Setiap actionnya secara default ter record di console

hal ini juga sangat menarik buat saya karena bari disini saya menemukan action yang melibatkan getx selalu ada consolenya sehingga kita bisa melihat hal hal yang terjadi tanpa harus membuat console log yang baru.

Mungkin cukup sekian teman teman terkait alasan saya pindah dari provider ke getx. Kalian tidak harus sepakat dengan saya dan setuju dengan apa yang saya tulis dan saya rasakan. kalian punya kisah masing masing dan cara berpikir masing masing. Ingat ini hanya tulisan 1 orang yang baru belajar so, banyak banyak lah cari referensi ditempat lain Ok.

Akhir kata, mator sakalangkong saje rajenah.


Guru terbaik itu ya pengalaman! Penulis

© 2018 - 2021 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya