Dart Programming - IDE @ Cong Fandi | 2021-07-07T00:57:00+08:00 | 2 minutes read | Update at 2021-07-07T00:57:06+08:00

Lanjut pada tutorial selanjutnya yaitu IDE yang dibutuhkan oleh dart language. IDE merupakan tool yang dpat kalian pilih sesuai dengan

kriteria temen temen dan sesuai dengan yang temen temen sukai, namun pada tulisan kalin ini kita akan sedikit mengulas beberapa IDE yang lumayan terkenal dan banyak digunakan untuk menulis dart.

Disclaimer

Tutorial ini dikhususkan bagi yang baru belajar pemrograman, jika kalian sudah puny basic, kalian bisa melewati tutorial ini

Apa itu IDE

Seorang developer atau programmer sudah sangat familiar dengan yang namanya IDE, karena bagi seorang programmer IDE adlah sebuah alat(TOOL) yang sangat penting untuk membuat sebuah aplikasi. jika diibaratkan orang bertani maka IDE ini ibarat sebuah cangkul sedangkan komputer adalah ladangnya. namanya cangkul kita dapat dengan bebas memilih untuk menggunakan cangkul yang model seperti apa. Sedangkan seacra gamblangnya IDE itu kepanjangan dari Integrated Development Environment dimana tool ini digunakan untuk menulis atau menampilkan barisan kode yang ditulis oleh seorang programmer dengan fungsi dan tujuan yang berbeda beda pada setiap IDE.

Android Studio

Android Studio adalah IDE yang dikeluarkan oleh google yang bertujuan untuk membuat aplikasi android namun android studio dapat kita gunakan untuk menulis dan menjalankan barisan kode dart. IDE ini sangat terkenal dikalangan para coder android native

Visual Studio Code

Visual studio code atau yang lebih sering disingkat VSCode adalah IDE yang dikeluarkan oleh microsoft. IDE ini sangat banyak digunakan oleh coder, baik itu web dev maupun mobile dev.

DartPad

DartPad sendiri adalah IDE online yang dapat kalian gunakan untuk menjalankan code dart secara online, jika kalian ingin sekedar mencoba barisan kode dart, kalian bisa mengunjungi halaman https://dartpad.dev/?, jika kalian ingin mengaktifkan dart dengan null-safety, kalain dapat menambahkan param pada body url seperti berikut https://dartpad.dev/?null_safety=true.

The Ngoding sendiri merekomendasikan dartpad ya temen temen jika kalian ada koneksi, tapi jika kalian ingin menjalankan secara offline dan ingin sekedar untuk belajar, temen temen dapat menggunakan VSCode.

Kenapa hanya 3 IDE

Bagi saya, terkait IDE ini ada pembahasan khusus tiap masing masing IDE, maka dari itu saya cuman menyebutkan IDE yang paling banyak digunakan untuk menulis kode dart. sebenarnya kalian juga dapat menggunakan VIM,Sublime,Atom dan lain sebagainya hal ini kembali pada diri kalian masing masing lebih suka menggunakan IDE yang seperti apa.

Sengaja saya tidak menampilkan gambar apapun agar kalian explore sendiri dan mencari tahu sendiri IDE mana yang kalian sukai.

Ok, cukup sekian tentang pembahasan IDE ini semoga bermanfaat, sampai jumpa di tutorial selanjutnya yaitu tentang Variable pada dart

Jika tak mampu menjadi memperbaiki setidaknya jangan merusak penulis

© 2018 - 2021 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya